Senin, 01 Juli 2019

Kisah Engkus Al-Getuk,Penyandang Disabilitas yang Jadi Tutor dan Penulis Buku Bahasa Inggris.




 Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Sepenggal lagu "Jangan Menyerah"dari D'MASIV diatas nampaknya tepat untuk menggambarkan karakter Engkus Al-Getuk,seorang penyandang disabilitas dari Ciangsana,Kertaangsana,Nyalindung,Sukabumi,Jawa Barat.
 Pria humoris dan periang kelahiran 1 September 1987 ini mengalami cacat fisik sejak usia 3 bulan.Awalnya dia panas,lalu disuntik.Kedua tangannya melengkung ke belakang punggung dan kedua kakinya tidak bisa dipakai berjalan.
Mengenai nama getuk yang tersemat di nama belakangnya,itu bukan karena dia suka makanan getuk.Itu merupakan singkatan dari kata-kata Bahasa Inggris.G =Gregarious(suka berteman),E
 adalah educated(berpendidikan),T adalah Thoughtful(bijaksana),U adalah Unique(khas,unik) dan K adalah Kind yang berarti baik hati.Akronim tersebut sengaja dibuat Kang Engkus untuk memotivasi dirinya sendiri agar dia memiliki kepribadian seperti dalam kata- kata tersebut.
Kendati punya keterbatasan fisik dan menulis dengan jempol kaki,Kang Engkus mampu menulis buku mulai tahun lalu yaitu:A life on Toes(Kehidupan Dibalik Jari Kaki),English is Easy dan yang terbaru adalah Modul Bahasa Inggris.
 Disamping itu,Kang Engkus yang ngefan dengan penyanyi Melly Goeslaw sehari-hari juga menjadi tutor Bahasa Inggris lewat grup FB:Belajar Bahasa Inggris Dari Nol yang telah punya puluhan ribu members dari lintas kalangan dan lintas profesi.
Kang Engkus yang bisa Bahasa Inggris secara otodidak sejak usia 6 tahun ini pernah diundang diacara HITAM PUTIH TRANS 7 dan tahun ini juga menjadi pemenang LIPUTAN  6 AWARDS 2019 untuk kategori " Pantang Menyerah"dari SCTV.
 Bagi para sahabat penyandang disabilitas,Kang Engkus yang gemar mempelajari kamus itu berpesan agar jangan berputus asa.Buktikan bahwa kita sanggup melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain."Nothing is impossible if you keep trying.Tak ada yang mustahil jika anda terus berusaha,"penjelasannya pada Bro J dari menaramadinah.com ketika dihubungi kemarin(1-07-2019)
 Bro J,menaramadinah.com
Kota Nganjuk.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar melalui emai
sialahkan saja melakukan demonstrasi, akan tetapi gunakanlah dengan cara-cara damai dan jangan sampai memacetkan jalan raya yang merugikan masyarakat