Senin, 11 Agustus 2014

Perguruan Silat Tedaha AURA Jagad Banyumas




Mengenal Padepokan Pencak Silat Tedahan AURA Jagad Banyumas

Menyatukan Seni Pencak Silat dengan Tenaga Dalam
Padepokan Pencak Silat Tedahan AURA Jagad berada di Desa Pandak, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Ilmu yang diajarkan merupakan perpaduan antara pencak silat dan ilmu tenaga dalam. Berikut ini laporan wartawan posmo.

Sore itu langit begitu cerah dan udara di sekitar Baturraden terasa segar. Posmo memasuki Padepokan AURA Jagad, sebuah Perguruan Pencak Silat Tedahan Metafisika. Telah berkumpul para siswa yang memang saat itu merupakan waktu atau hari latihan bagi siswa secara rutin.
Puluhan siswa yang mengenakan seragam pencak silat dari berbagai kalangan dan berbagai tempat, tampak masih muda usianya. Selain itu, ada seorang siswa yang memang paling muda berumur sekitar 7 tahun, namun tampaknya sudah bisa menguasai berbagai jurus.
Mereka sudah sangat akrab dan sering berlatih di luar ruang seperti di lapangan dan sebagainya. Hal ini memang menurut mereka agar dapat menyatu dengan alam. Sehingga para siswa dapat memahami dan mencintai alam semesta. Di samping itu juga untuk memberikan kesempatan kepada mereka agar saling berhubungan dengan masyarakat.
“Bukan untuk gaya atau pamer, namun latihan ini justru untuk mengakrabkan kepada siswa dengan alam dan memperkenalkan kepada masyarakat tentang pencak silat, jelas Ki Jatmico, pengasuh Padepokan Pencak Silat AURA Jagad.
Padepokan Pencak Silat AURA Jagad ini sejarah berdirinya dengan tujuan menyatukan antara ilmu seni pencak silat dengan pengisian tenaga dalam. Hal ini sebenarnya berawal dari pertemuan dengan Master Azis, seseorang yang telah menimba ilmu pencak silat di berbagai perguruan ingin mengamalkan ilmunya kepada masyarakat luas. Khususnya kepada anak-anak muda.
Perguruan atau Padepokan Pencak Silat Tedahan Metafisika AURA Jagad yang merupakan kombinasi pencak silat dan tenaga dalam hati nurani kita yang disinergikan dengan gerakan-gerakan yang akan menjadi seni bela diri yang praktis, andal, dan ilahiyah. “Pencak Silat Tedahan Metafisika AURA Jagad bukan pencak silat yang hanya mengandalkan gerakan dan kuncian teknik bela diri, kata Ki Jatmico
Pencak Silat Tedahan juga terdapat kombinasi teknik pernapasan tenaga dalam. Sehingga apa yang kita hasilkan dari ilmu-ilmu silat tedahan ini akan selaras dengan energi-energi super power yang sempurna seperti jaga badan antikepruk, tahan hantaman dan insya Allah kebal badan dan dapat melontarkan musuh dari jarak jauh.
Sedangkan Metafisika AURA Jagad itu sendiri merupakan ilmu seni pernapasan yang juga untuk kekuatan AURA kita dengan izin Allah agar terlindung dari bahaya serangan gaib seperti santet, teluh, guna-guna, dan lainnya, maka dari itu dengan menyerap ilmu metafisika.
Ilmu yang harus dilatih dengan yakin oleh napas kita akan menghasilkan energi di dalam tubuh yang positif dan mengeluarkan energi negatif dari badan si penyerap ilmu Metafisika ini. “Sehingga dengan hal tersebut, maka dapat bermanfaat bagi kita sesama, papar Ki Jatmico.
Perguruan silat ini meliliki tujuan yaitu bahwa seni bela diri pencak silat Tedahan ini adalah untuk melengkapi hidup untuk berjaga beladiri dari kejahatan dan dapat diatasi dengan ilmu ataupun teknik dari pencak silat Tedahan tersebut.

Visi Misi
Mengenai visi dan misi dari Padepokan Pencak Silat Tedahan Aura Jagad adalah pertama, untuk membentuk dan menciptakan murid-murid yang andal. Uggul, berbobot, berprestasi yang berkualitas, beriman, berbudaya, berbudi pekerti yang luhur dan berjiwa kesatria serta bermanfaat juga berdayaguna bagi umat manusia.
Selanjutnya mengenai misi dari Pencak Silat Tedahan ini adalah menjaga mengembangkan, melestarikan, memperkenalkan juga mempertahankan pencak silat sebagai aset budaya bangsa asli Indonesia. Tedahan sama dengan tameng yang artinya tenaga dalam hati nurani dan ini merupakan jurus andalan dan tameng di padepokan AURA Jagad.
Visi yang kedua adalah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat melalui pencak silat. Kemudian visi yang ketiga menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan juga taat, patuh, dan menghormati peraturan dan undang-undang yang berlaku.
Untuk visi yang keempat memberikan murid-murid keimanan, ketakwaan, budi pekerti yang luhur dan berjiwa kesatria yang tahan uji serta selalu menegakkan kebenaran dan keadilan yang cinta bangsa dan tanah air. Sedangkan visi yang kelima adalah membentuk dan menciptakan rasa kesetiaan, kekeluargaan, dan persaudaraan antara anggota Tedahan AURA Jagad.
Sedangkan visi yang keenam membentuk dan menciptakan murid-murid yang bertakwa, sehat, cerdas, tangkas, dan tanggap selanjutnya visi yang ketujuh yaitu selalu meningkatkan mutu perguruan Tedahan Aura Jagad. ”Visi dan misi tersebut selalu kami tanamkan kepada para siswa agar mengakar di setiap langkah para siswa, ujar Ki Jatmico.
Sebelum para siswa masuk ke Padepokan Pencak Silat Tedahan AURA Jagad ini ada delapan poin kesanggupan yang harus dipenuhi. Adapun delapan kesanggupan pada siswa Pencak Silat Tedahan Aura Jagad adalah yang pertama Sanggup bhakti kepada Allah SWT. Kedua, sanggup bhakti kepada Rasulullah. Ketiga, sanggup bhakti kepada orang tua (Bapak dan Ibu), Keempat, sanggup bhakti kepada sesama manusia. Kelima, sanggup bhakti kepada Negara Republik Indonesia. Keenam, sanggup Cinta Tanah Air Indonesia. Ketujuh sanggup mengamalkan Pencak Silat Tedahan Metafisika Aura Jagad. Kedelapan, sanggup menghargai waktu.
Pada padepokan ini pun tentang keilmuanya dilakukan ujian pengisian dan yang terakhir adalah pengijazahan sedangkan rata-rata para siswa di padepokan AURA Jagad ini dapat menguasai ilmunya berkisar selama 1 sampai 2 tahun. “Di tempat kami menggunakan metode metafisika sehingga semua dapat masuk terlebih yang muslim, tutur Ki Jatmico.
Para peserta atau siswa yang ikut bergabung di padepokan AURA Jagad ini rata-rata berusia 14 hingga 20 tahun, namun ada beberapa siswa yang di luar itu. Hal ini termasuk keistimewaan dalam berkembangnya padepokan ini pun menerima murid yang bekerja menjadi satpam atau pun scurity, juru parkir, dan lainnya yang ingin menambah ilmu tamengnya.
”Ya, kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin memperdalam ilmu khususnya ilmu tedahan. Rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT Padepokan Pencak Silat Tedahan Metafisika AURA Jagad dapat berdiri dan berkembang,ujar Ki Jatmico, Pengasuh Padepokan Pencak Silat Tedahan Metafisika AURA Jagad. ADJI WALOEJO.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalao mau daftar jadi anggota gimana caranya

Posting Komentar

silahkan komentar melalui emai
sialahkan saja melakukan demonstrasi, akan tetapi gunakanlah dengan cara-cara damai dan jangan sampai memacetkan jalan raya yang merugikan masyarakat