Selasa, 11 Juni 2019

Mengenang Perjalanan Nenek Moyang Bani Karsotirto Nganjuk


Mengenang Perjalanan Nenek moyang Bani Karsotirto Nganjuk.

Reuni keluarga hakikatnya mempererat tali silaturahmi keluarga yang masih terasa belum akrab menjadi lebih akrab. Silaturahmi bisa membuat rohani lebih nyaman, karena hubungan kekerabatan terasa semakin akrab dan dekat. Para kerabat bisa saling berbagi cerita perihal keluarga atau pekerjaan, saling berbagi informasi dan berlanjut dengan bersambungnya tali silaturahmi. Kegiatan reuni bisa menyehatkan jiwa dan raga, dan tidak diragukan bahwa kegembiraan melalui kegiatan reuni dapat membuat awet muda karena air muka yang berseri gembira. 
Silaturahim merupakan salah satu kewajiban bagi setiap pribadi Muslim. Dalam Alquran, Allah menegaskan, “Dan bertakwalah kepada Allah yang kalian saling meminta dengan nama-Nya dan peliharalah hubungan kekeluargaan.’ (QS. An-Nisa [4]:1).

Begitu banyak manfaat silaturahmi bila kita menjalankannya sesuai dengan syariat Agama Islam ini. Yang dimaksud dengan pengertian silaturahmi adalah menjalin hubungan kekerabatan yakni dalam hal hubungan untuk saling kasih-sayang, tolong-menolong, saling berbuat baik, menyampaikan hak serta kebaikan, dan juga menolak keburukan dari kaum kerabat. Demikian juga yang dimaksud dengan makna silaturahmi.

Lebih dari itu, kegiatan reuni bisa membukakan pintu rezeki. Seperti dalam  Hadist Riwayat Muslim dinyatakan: “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang langkah prosesnya (perjuangan, jasa, kebaikan), maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”.
Berbuat baik kepada saudara dan kaum kerabat juga diperintahkan melalui silaturahmi ini. Hal ini tercermin dari sebuah hadist Rasulullah SAW yang memerintahkan untuk silaturahmi yaitu hadist yang berbunyi :"Sesungguhnya Allah berwasiat agar kalian berbuat baik kepada ibu-ibumu, sesungguhnya Allah berwasiat agar berbuat baik kepada bapak-bapakmu dan sesungguhnya Allah berwasiat kepada kamu agar berbuat baik kepada sanak kerabatmu (Silsilah Hadits Shahih; al-Albani).
Ada beberapa hikmah silaturahmi yang bisa kita dapatkan bila kita menjalaninya dengan ikhlas dan senang hati. Salah satunya adalah dari sebuah hadist yang diriwayatkan secara jama'ah yang artinya yaitu :"Dari Abu Ayub Al Anshari, beliau berkata, seorang berkata,"Wahai Rasulullah, beritahulah saya satu amalan yang dapat memasukkan saya ke dalam syurga." Beliau Shallallahu’alaihi Wasallam menjawab,"Menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya, menegakkan shalat, menunaikan zakat dan bersilaturahmi." Jadi kesimpulannya hikmah silaturahmi ini adalah menjadi salah satu penyebab yang penting untuk bisa masuk syurga serta dijauhkan dari siksa api neraka.
Hikmah Acara Reuni Keluarga yang juga harus dipetik kegiatan reuni keluarga adalah  mampu mengenali siapa nenek moyang kita, bahkan bisa kita ketahui bagaimana jejak para leluhur kita. Dari sinilah akan muncul benih benih pikiran baru untuk mengikuti jejak para  leluhurnya. Walau kita bisa akui bahwa kemuliaan nama baik seseorang lebih utama bergantung pada jati dirinya, namun kita juga tidak bisa tinggalkan bahwa yang kita rasakan dan kita nikmati saat ini sesungguhnya berkat usaha keras para leluhur ketika itu. Sebuah hikmat yang sangat berharga dan sangat besar nilainya dari kegiatan reuni keluarga adalah kita akan tahu dan terdorong untuk mengetahui dimana leluhurnya dimakamkan, serta siapa saja sanak keluarganya dan status kekeluargaannya dalam keturunan keluarga besar Bani Karsotirto Nganjuk

Silsilah,perjalanan Bani Karsotirto [ Mbah Ken ] dari Jawa tengah sampai ke desa kaliannyar Ngeronggot nganjuk Jawa Timur. Disebabkan pecah perang Diponegoro.

Eyang Putri Grobogan Jawa tengah~> Mempunyai 3 Putra : 
1.Mbah Gablok [ Nama Samaran ]
2.Mbah Kyai Faqih Pare kediri [ jadi ulama saat itu ]
3.Ponorogo [ kehilangan jejak ]

Mbah Gablok [ Nama samaran saat itu ] mempunyai Putra Mbah Karsotirto mempunyai 7 Putra 

Mbah Salekan [ Kalianyar Ngronggot ]
2. Mbah Beni [ Kalianyar Ngronggot ]
3. Mbah Yainem [ Kalianyar Ngronggot ]
4. Mbah Mukiran [ Kalianyar Ngronggot ]
5. Mbah Sampun [ Banyuwangi ]

Mbah Salekan
1. Bude Salamah [ Cengkok Ngronggot ]
2. Bude Salmi [ Tanjunganom ]
3. Pakde Marsadi [ Kalianyar Ngronggot]
4. Pakde Mariman[ Kalianyar Ngronggot ]
5. Pakde Marimen[Kalianyar Ngronggot ]
6.ibu Suripah [ Cengkok Ngronggot ]


Totok Budiantoro 

Koresponden MM.com.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar melalui emai
sialahkan saja melakukan demonstrasi, akan tetapi gunakanlah dengan cara-cara damai dan jangan sampai memacetkan jalan raya yang merugikan masyarakat