Senin, 04 September 2017

Sunan Kalijogo dan Ki Ageng Pemanahan

Kisah Sunan Kalijaga Diawal Berdirinya Kerajaan Mataram

Sarankan Hutan Mentaok Diberikan  Ki  Pemanahan

Sunan Kalijaga merupakan  seorang wali yang memiliki usia cukup panjang. Hingga akhirnya ikut andil dalam mendirikan  kerajaan Mataram di hutan mentaok  hadiah dari Sultan Hadiwijaya  dari Kesultanan Pajang. Bagaimanakah kisahnya.
Setelah perang berakhir dan kerajaan Pajang berdiri, bukannya Ki Pamanahan resah bercampur kecewa. Bumi Mentaok sebagai hadiah sayembara dalam mengalahkan Aryo Penangsang belum juga diserahkan oleh Sultan Hadiwijaya,
Sultan Pajang. Sultan terkesan mengulur, menunda-nunda atas pemberian hadiah tersebut. Padahal, tanah Pati yang menjadi satu paket dalam hadiah sayembara tersebut sudah diserahkan ke Ki Penjawi, sepupu Ki Pamanahan.
Ki Pamanahan benar-benar sangat kecewa, karena kesetiaan, pengabdian yang selama ini ia lakukan seolah-olah diabaikan begitu saja oleh Sultan Hadiwijaya. Pengorbanan demi kewibawaan Kasultanan Pajang yang ia lakukan tatkala tidak satupun orang Pajang yang berani melawan Aryo Penangsang, Adipati Jipang yang sakti mandraguna.
Meskipun sangat kecewa, Pamanahan tidak mau melakukan pemberontakan pada Hadiwijaya. Dia lebih memilih bertapa di dusun Kembang Lampir guna mendekatkan diri pada Tuhan demi meminta keadilan atas nasibnya.
Sunan Kalijaga seorang waliyullah anggota Dewan Wali Songo mengetahui kesedihan Pamanahan tersebut. Sang Sunan yang menjadi panutan masyarakat Jawa tersebut kemudian menjadi mediator mempertemukan Pamanahan dengan Hadiwijaya. Hadiwijaya akhirnya menyerahkan bumi Mentaok pada Pamanahan dengan syarat Pamanahan mengucapkan sumpah-setia pada Pajang.
Setelah mendapatkan hutan Mentaok berkat campur tangan Sunan Kalijaga, Ki Pamanahan mengajak 150 orang Selo migrasi ke hutan Mentaok. Sebelum menuju Mataram, mereka ijin dulu ke Pajang. Dalam perjalanan, mereka mampir di Dusun Taji. Oleh sesepuh desa Taji, Ki Ageng Karang Lo, rombongan Selo itu mendapatkan jamuan makan yang memuaskan. Sebagai bukti kesetiaan, Ki Ageng Karang Lo mengantar rombongan Selo hingga hutan Mentaok. Di tengah perjalanan, mereka bertemu Sunan Kalijaga yang sedang mandi di sungai.
Ki Pamanahan dan Ki Ageng Karang Lo segera mendekat dan mencuci kaki Guru Agung Tanah Jawa tersebut. Karena kebaikan keduanya, maka Sunan Kalijaga berkata, “Anak keturunan Karang Lo kelak akan hidup mulia bersama anak turunan Pamanahan, tapi tak boleh menyandang gelar “Raden” atau “Mas”, dan tidak boleh menaiki tandu.”
Sampailah rombongan Selo itu di hutan Mentaok. Dengan kerja keras tiada henti, hutan lebat itu diubah menjadi pemukiman yang ramai, Mataram namanya. Sebuah dusun yang kaya akan hasil beras dan kayunya. Ki Pamanahan diangkat sebagai sesepuh Mataram dengan gelar Ki Ageng Mataram.
Kemudian Ki Pamanahan memberikan wasiat kepada sanak-kerabatnya, diantaranya: jika anak-cucunya berkuasa, agar menempatkan posisi secara mulia kepada kerabat Mataram (Selo) yang telah mbabat alas hutan Mentaok menjadi Mataram. Kedua, kalau suatu saat Mataram akan ekspansi ke Bang Wetan (daerah pesisir Jawa Timur) hendaknya dilakukan pada hari Jum’at Pahing bulan Muharram, sama dengan hari penghadapan Sunan Giri di Japanan. Ketiga, dalam penaklukan Bang Wetan hendaknya tidak melewati Gunung Kendeng.
Tidak lama kemudian Ki Ageng Mataram jatuh sakit. Dia akhirnya wafat tahun 1584. Sebelum meninggalnya, Ki Ageng Mataram kembali memberikan wasiat; menitipkan anak-anaknya ke Ki Juru Martani, sepupu sekaligus iparnya. Kedua, menunjuk Sutawijaya, Raden Ngabehi Loring Pasar untuk menggantikan keududukannya. Ketiga, agar Sutawijaya tetap mengusahakan kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyat Mataram. Keempat, agar anak-anaknya yang lain (Raden Jambu, Raden Santri, Raden Tompe, dan Raden Kedawung) patuh dan taat pada Ki Juru Martani

Topo Ngeli
Sepeninggal Ki Ageng Mataram (Ki Ageng Pamanahan), Sutawijaya memimpin Kademangan Mataram. Kemudian melakukan  melakukan tapa ngeli dengan mengikat tubuhnya pada sebilah papan dari kayu jati tua (Tunggul Wulung), dia membiarkan tubuhnya terhanyut di Kali Opak  Kemudian naik di atas ikan Olor yang dulu pernah diselamatkannya dari seorang nelayan. Begitu sampai di Laut Kidul, Senopati berdiri tegak di tepian ombak lautan kidul itu.
Datanglah ombak besar, angin menderu membuat gelombang badai. Selama tujuh hari tujuh malam badai itu berlangsung. Senopati tetap tegar berdiri melanjutkan tapanya. Melihat hal tersebut, datanglah Sunan Kalijaga, Wali Agung Tanah Jawa.
Wali anggota Dewan Wali Songo tersebut menasehati Senopati agar tidak sombong dengan memamerkan kesaktiannya seperti itu karena Allah bisa tidak suka. Senopati mengajak Sunan Kalijaga karena sang Sunan ingin melihat kemajuan Mataram. Sesampai di Mataram, Sunan Kalijaga menasehati agar Senopati membangun pagar rumah sebagai bentuk ketawakalan kepada Allah. Sang Sunan juga menyarankan agar Senopati  membuat pagar bumi jika akan mendirikan rumah. Juga Sunan menyarankan agar rakyat Mataram membuat batu bata sebagai bahan membangun kota raja.
Sunan Kalijaga kemudian mengambil tempurung berisi air. Dituangkanlah air itu seraya berkeliling dan berdzikir. Sang Sunan berpesan, “ Kelak jika engkau membangun kota, maka ikutilah tuangan airku ini”. Sang Sunan kemudian berpamitan  HUSNU MUFID

1 komentar:

info kita mengatakan...

Nice info

Posting Komentar

silahkan komentar melalui emai
sialahkan saja melakukan demonstrasi, akan tetapi gunakanlah dengan cara-cara damai dan jangan sampai memacetkan jalan raya yang merugikan masyarakat