Senin, 16 September 2013

Halal Bihalal Kesultanan Demak dan Nusantara

Halal Bihalal Silaturrahmi Keluarga Besar Kesultanan Demak dan Kesultanan Nusantara di Istana Balai Witono Glagahwangi Dhimak Demak

Satukan Trah Raden Patah Mancanegara dan Indonesia

Karaton Glagahwangi Dhimak menggelar halal bihalal Silaturrahmi Keluarga Besar Kesultanan Demak dan Kesultanan Nusantara pada Kamis malam Jumat, 12 September 2013 di Istana Balai Witono Glagahwangi, Dhimak Jl Pangeran Demak 100 Demak, Jawa Tengah.

Acara tersebut akan dihadiri para tamu undangan yang terdiri atas raja dan sultan dari berbagai daerah Indonesia dan luar negari yaitu Malaysia, Thailand, dan Singapura yang masih terkait dengan keturunan Raden Patah. Juga akan hadir pula Paguyuban Trah Hamengkubuwono Yogyakarta dan putra perdana mentri Malaysia hadir serta Prabu Jauhari Notobroto Raja Kerajaan Nusantara.
“Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan talisilaturrahmi persaudaraan. Sehingga tersambung ikatan persaudaraan yang selama ini terputus akibat jarak yang cukup jauh atau kepatin obor. Istilahnya yang lebih kren adalah menyambung tulang-tulang yang berserakan dibelahan bumi,” ujar DYMM Sultan Suryo Alam Joyo Kusumo Raja Demak di Istana Balai Witono Glagahwangi Dhimak.
Dengan bertemunya seluruh keluarga besar Trah Raden Patah di Indonesia dan mancanegara, maka sudah barang tentu akan semakin kuat persatuan kembali sesama anak cucu pendiri Kesultanana Demak Bintoro. Mengingat selama ini dalam kondisi tercerai berai dan banyak yang belum kenal antara sesama trah Raden Patah. “Nah, dengan acara tersebut dapat saling mengenalkan diri. Sehingga budaya-budaya Kesultanan Demak Bintoro akan kembali hidup dan berjaya di bumi Indonesia,” tambahnya.
Dalam acara halal bihalal Silaturrahmi Keluarga Besaran Kesultanan Demak dan Kesultanan Nusantara ini diawali dengan semaan membaca Alquran 30 zuz oleh hafidil Quran dan dimeriahkan musik islami Rebana Glagahwangi dan Pengajian Umum KH KRHT. Drs. Niam Ansori, M.PdI Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam Demak, pemberian santunan pada anak yatim piatu dan janda-janda tua.
Setelah itu dilanjutkan dengan acara Deklarasi Pendirian Koperasi Nusantara dan Peresmian Lembaga Bantuan Hukum Keraton Glagahwangi Dhimak. Dengan harapan Karaton Glagahwangi Dhimak akan mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam bidang perkoperasian dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum.
“Kedepannya Karaton Glagahwangi Dhimak memiliki kegiatan yang bukan hanya bersifat budaya, tetapi bergerak dalam bidang ekonomi dalam bentuk Koperasi dan bidang hukum untuk memberikan pembelaan pada rakyat kecil yang diistilahkan dengan nama Wong Cilik,” ujar DYMM Sultan Suryo Alam Syah Joyo Kusumo Raja Demak di Istana Balai Witono Demak dengan tersenyum.

Jamuan Makan

Kemudian dilanjutkan dengan acara prosesi penyerahan Tombak Kiai Slamet dan Ayam Jantan dari timur oleh Ketua Dewan Pendekar Dunia dan Pengageng Gunung Penanggungan Airlangga. Prosesi ini merupakan ciri khas setiap kegiatan yang digelar di Istana Balai Witono Karaton Glagahwangi Dhimak Demak.
Usai prosesi penyerahan tombak Kiai Slamet dilanjutkan sambutan oleh KGPH Hadi Suryo satrio Negoro adik Sri Sultan HB Kubuwono X selaku Ketua Dewan Pendiri Silaturrahmi Raja Nusantara. Dalam sambutannya nanti akan mengajak seluruh Trah Raden Patah untuk meningkatkan tali silaturahmi.
Setelah acara seremonial halal bihalal berakhir dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh undangan yang hadiri di Istana Balai Witono Karaton Glagahwangi Dhimak dan dilanjutkan jamuan makan khas Kesultanan Demak Bintoro. HUSNU MUFID

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar melalui emai
sialahkan saja melakukan demonstrasi, akan tetapi gunakanlah dengan cara-cara damai dan jangan sampai memacetkan jalan raya yang merugikan masyarakat