Minggu, 29 September 2013

Makam Bejagung 3

Ziarah Ke Makam Sunan Bejagung Lor, Di Tuban, Jawa Timur (3)
Menyalakanlampu di Masjidil Haram

Meski bukantermasuk salah satu dari Wali Songo, namun kanjeng Sunan Bejagung juga tercatatsebagai wali yang ikut berkiprah dalam perjuangan Islam di tanah Jawa. Makamdan sejumlah peninggalanya pun hingga kini menjadi salah satu tujuan wisatareligi di Kabupaten Tuban.Tepatnya di Desa Bejagung, KecamatanSemanding, Kabupaten Tuban.

Penyebaran Agama Islam dikabupaten Tuban tidak terlepas dari peran seorang ulama besar bernama SyekhAbdullah As’ari (Sunan Bejagung Lor). Sebab, sejak kecil beliau diajakberda’wah oleh ayahandanya (Syekh Maulana Ibrahim Asmara bin Sayyid JamaludinAl Khusaini Al Kubra atau tersohor dengan sebutan Syekh Jumadil Kubra yangpusarannya berada di Mojokerto, Jawa Timur) bersama dua orang saudaranya(Maulana Ibraohim Assamarqondi dan Maulana Ishaq ayah Sunan Giri) ke Sumateradan Jawa (Nusantara).

Jadi tidak heran, ketika beranjakdewasa dan tua. Beliau masih terus memperjuangkan agama Allah di tanah Jawa. Halitu dikuatkan dengan keterangan Buku Babad Tanah Jawa dan Buku Babad Tuban,juga berdasarkan buku dokumen Bejang yang menerangkan bahwa semasa hidupnyaKanjeng Sunan Bejagung, selain siar agama. Kanjeng sunan bejagung jugamempunyai karomah, salah satunya adalah setiap sore beliau selalu pergi keMakkah untuk menyalakan Lampu Masjidil Haram Makkah dan menjadi MuadzinMasjidil Haram Makkah Al Mukarromah.

Bahkan ada satu keyakinan yangsampai sekarang masih diwanti-wanti oleh warga sekitar. Yaitu tentang larangan makanikan meladang. Kenapa? Menurut ceritanya,  suatu saat Sunan Bejagung diajak pergi Hajioleh Santrinya yang dari bangsa Jin. Santri tersebut sanggup menggendong SunanBejagung dari Tuban sampai ke Masjidil Haram Makkah. Tetapi setelah digendongdan terbang ke angkasa, tepat diatas samudra , Sunan Bejagung dilepas dan jatuhke Laut. Tetapi Sunan Bejagung Selamat lantaran ditolong oleh ikan meladang dandipinggirkan sampai  Jeddah suatu Pantai di Hadramaut (yang sekarangdikenal dengan Saudi Arabia).

Setelah sampai di Arab SunanBejagung berpesan kepada semua anak cucunya jangan sampai makan ikan meladang.Dan ternyata sampai sekarang anak cucu keturunan Sunan Bejagung tidak diperkenankanmakan ikan meladang. Bila makan ikan meladang maka timbul penyakit gatal.

Silsilah Sunan Bejagung denganurutan Nabi Muhammad :

1.                NabiMuhammad  SAW.
2.                BerputriSiti Fatimah Az-sahro’ (Isatri Sayidina Ali Bin Abi Tholib )
3.                BerputeraSayyid Husain.
4.                BerputeraSayyid Ali Zainul Abidin.
5.                BerputeraSayyid Muhammad Al-Baqir.
6.                BerputeraSayyid Ja’far Shodiq.
7.                BerputeraSayyid Ali Al ‘Uroidli.
8.                BerputeraSayyid An- Naqib Ar- Rumi.
9.                BerputeraSayyid Isa An- Naqib Al-Bashori.
10.          BerputeraSaqyyid Achmad Muhajirb Al- Faqih Al- Muqoddam.
11.          BerouteraSayyid Ubaidillah.
12.          BerputeraSayyid ‘Alawi.
13.          BerputeraSayyid Muhammad.
14.          BerpyteraSayyid ‘Alawi.
15.          BerpyteraSayyid Ali Kholi’ Qosam.
16.          BerputeraSayyid Muhammad Shodiq Murrobath
17.          BerputeraSayyid Abdul Malik.
18.          BerputeraSayyid Abdullah Khon.
19.          BerputeraSayyid Ahmad Syah .
20.          BerputeraSayyid Jamaluddin  Al kusaini atau Sayyid  Jamalludin Kubra atauSayyid Jumaddil Kubro.

Berputera 21 orang, tiga orang diantaranya ialah :
1.                MaulanaIbrahim Asmoro  (Sunan Gresik,Tuban )
2.                MaulanaIshak ( Sunan Pasai ,Sumatra )
3.                SayyidAbdullah Asy’ari  ( Sunan Bejagung, Tuban )

Sayyid Abdullah Asy’ari yang dikenal dengan nama Sunan Bejagungini berputera 3 orang :
(1)  Syekh Abdurrahim atau Sunan Pojok.
(2) Nyai Faiqoh atau Isteri Pangeran Penghulu atau Syekh HasyimAlamuddin atau Sunan Bejagung ke-2, makamnya di Bejagung kidul, di sekitarmakam ini terdapat Situs peninggalan pondasi Masjid, petilasan dalem kasunananBejagung , dan dilestarikan oleh masyaraka Bejagung dalam bentuk PondokPesantren Sunan Bejagung (yang didalamnya terdapat Lembaga Pendidikan : RA,Madrasah Ibtidaiyah, SMP Islam, Madrasah Aliyah, dan Madrasah DiniyahTakmiliyah)
(3) Syekh Afandhi atau Sunan Waruju, makamnya di belakangPengimaman Masjid Bejagung. HARIS


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar melalui emai
sialahkan saja melakukan demonstrasi, akan tetapi gunakanlah dengan cara-cara damai dan jangan sampai memacetkan jalan raya yang merugikan masyarakat